Rabu, 12 Januari  2022 Dinas Perkimtan melaksanakan Kegiatan Rutin Taklim Aparatur yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perkimtan Kabupaten Sumedang.
.
Acara taklim aparatur di Lingkungan Dinas Perkimtan dihadiri oleh Bapak Sekdis, para karyawan/karyawati Dinas Perkimtan. Acara dimulai pukul 8.15 WIB dengan sambutan disampaikan oleh Bapak Sekretaris Dinas  kemudian dilanjutkan pada acara pokok ceramah oleh K.H.R. Dudung Abdulah .

Cara meningkatkan etos kerja sebagai berikut :

  1. Niat (Komitmen) sebagai Dasar Nilai Kerja Pandangan Islam tentang etos kerja ini barangkali dapat dimulai dengan usaha menangkap makna sedalam dalamnya sabda Nabi yang amat terkenal bahwa nilai setiap bentuk kerja itu tergantung kepada niat-niat yang dipunyai pelakunya: Jika tujuannya tinggi (seperti tujuan mencapai ridl? Allah) maka ia pun akan mendapatkan nilai kerja yang tinggi, dan jika tujuannya rendah (seperti, misalnya, hanya bertujuan memperoleh simpati sesama manusia belaka), maka setingkat tujuan itu pulalah nilai kerjanya tersebut. Dalam sabda Nabi saw. itu juga diisyaratkan bahwa seorang Muslim harus bekerja dengan niat memperoleh ridl? Allah dan Rasul-Nya.
  2. Bekerja dengan berbuat Ihsan • Ihs?n ialah perbuatan baik, dalam pengertian sebaik mungkin atau secara optimal. Sabda Nabi saw: “Sesungguhnya Allah mewajibkan ihs?n atas segala sesuatu….”(Mukhtashar, jil. 2, h. 98 (hadis No. 1249). Karena Allah menuntut ihs?n atas segala sesuatu, maka kita pun harus melakukannya dalam segala pekerjaan kita. Membuat atau mengerjakan sesuatu secara sungguh-sungguh dan teliti, sehingga rapi, indah, tertib, dan bersesuaian satu dengan yang lain dari bagianbagiannya. • Bahwa harga manusia — yakni apa yang dimilikinya — tidak lain ialah amal perbuatan atau kerjanya itu. Manusia ada karena amalnya, dan dengan amalnya yang baik itu manusia mampu mencapai harkat yang setinggi-tingginya, yaitu bertemu Tuhan dengan penuh keridaan.
  3. Bekerja bersama Allah SWT Makna “bekerja bersama Allah SWT” adalah bahwa apapun yang kita lakukan hanya untuk-Nya,mengikuti aturan-Nya,meninggalkan larangan-Nya.Tugas utama kita adalah mencari ridha Allah SWT

 

 

 

(penerbit: perkimtan.sumedangkab.go.id)